Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Disertai LDS Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 9 Padang

Main Author: Asma Ririn, Juwita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5359/4/11010202%20ASMA%20RIRIN%20JUWITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5359/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5359/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5359/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5359/
Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran disekolah siswa cenderung terpusat pada guru, selain itu pada saat pembelajaran siswa kurang aktif. Salah satu cara untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, yaitu dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievenment Division (STAD). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memungkinkan siswa serius dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Agar siswa tidak merasa bosan, cemas dan tidak siap dalam menghadapi soal-soal pretest dan postest. (STAD) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Student Teams Achievenment Division (STAD) Disertai LDS terhadap hubungan belajar biologi siswa kelas x SMAN 9 padang Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu penelitian yang diberikan perlakuan. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen II. Kelas eksperimen 1 merupakan kelas yang siswanya diberikan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai LDS, sedangkan kelas eksperimen II diberikan perlakuan konvensional disertai LDS. hasil penelitian yang diperoleh, rata-rata hasil belajar biologi pada kelas eksperimen I = 63,67 dan kelas eksperimen II = 60,68. Dari nilai rata-rata, dimana uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung 0,77 sedangkan ttabel 1,65 ini berarti thitung<ttabel dengan demikian hipotesis ditolak. Disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievenment Division (STAD) Disertai LDS Terhadap, Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 9.