Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah siswa banyak yang merasa bosan ketika guru menerangkan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan model pembelajaran kooperatif script yang bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh model pembelajaran koorperatif scrip terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP N 2 Sutera. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen,populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII SMPN 2 Sutera yang terdiri dari lima kelas. Dengan menggunakan teknik simple random samplingdari lima kelas populasi yang diambil dua kelas yang dijadikan asampel kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara undian yaitu kelas VII.A dan VII.D dengan jumlah 53 siswa. Setelah data diperolehdari hasil penelitian maka data tersebut dianalisis dengan cara teknik analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cooperative Script berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP N SUTERA Kabupaten Pesisir Selatan, hal ini terlihat dari rata-rata hasilbelajarkelaseksperimen adalah 80,15 dengan standar deviasinya 5,03 dan rata-rata kelas control adalah 77,80 dengan standar deviasinya 9,92. . Hasilujithitungadalah4,41dengantarafnyata 0.05 diperolehttabel 1.67makathitung>ttabel yang berartihipotesisditerima. Dari uji hipotesis yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model dari pembelajaran Cooperatif Script terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Kelas VII SMP N 2 SUTERA Kabupaten Pesisir Selatan.