Penerapan Pembelajaran Berbasis Discovery Learning yang Digunakan oleh Guru Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran di SMAN 1 Pantai Cermin, Solok
Main Author: | M. Budi, Husein |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/535/3/13040140%20M.%20BUDI%20HUSEIN%20%20%20%20ok%20plip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/535/2/Abstract.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/535/5/Conclusion.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/535/4/References.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/535/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan Discovery Learning Method atau pembelajaran berbasis penemuan dalam pengajaran Bahasa Inggris di SMAN 1 Pantai Cermin, Solok, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah satu orang guru yang mengajar dikelas X. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengamatan terhadap guru sewaktu guru mengajar dalam kelas dengan metode penemuan ini, kemudian peneliti melakukan observasi ceklis pada setiap indikator yang dilakukan oleh guru dan mencatat semua kegiatan yang ada dalam proses pembelajaran tersebut. Setelah itu dilakukan hasil pengolahan data dengan menggunakan metode dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia (2013). Bedasarkan analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa guru bahasa Inggris telah menggunakan enam langkah dalam melakukan pendekatan Discovery Learning Method, yaitu guru memfasilitasi siswa untuk menstimulasi atau memberikan gambaran materi pembelajaran melalui media, guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mencari topik permasalahan bedasarkan hipotesis dari pertanyaan mereka sesuai dengan materi pembelajaran, guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan informasi dalam kelompok, guru membantu siswa dalam mengumpulkan informasi yang telah dicari, guru meminta siswa untuk menampilkan hasil dari penemuan mereka didepan kelas, Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran berbasis penemuan yang diterapkan oleh guru di SMAN 1 Pantai Cermin, Solok berjalan dengan baik dan pengajaranya berdampak bagi siswa.