Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N I Koto XI Tarusan pada meteri Sistem Gerak Manusia yang masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang disebabkan oleh siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi kelompok, kurangnya motivasi dan minat belajar siswa. Salah satu cara yang dapat diterapkan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N I Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX IPA SMA N I Koto XI Tarusan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk ranah kognitif adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif, ranah afektif menggunakan lembar observasi, dan ranah psikomotor dinilai melalui penilaian produk. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Hasil analisis data diperoleh pada ranah afektif kelas eksperimen berada pada predikat (A) 3,61 dan kelas kontrol berada pada predikat (B) 3,35 dengan nilai thitung 3,25 sedangkan ttabel 1,67. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Pada ranah kognitif kelas eksperimen 68,61 dan kelas kontrol 63,85 dengan nilai thitung 3,03 sedangkan ttabel 1,67. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Pada ranah psikomotor kelas eksperimen berada pada predikat (B+) 3,52 dan kelas kontrol berada pada predikat (B+) 3,50 dengan nilai thitung 0,2 sedangkan ttabel 1,67. Hal ini berarti bahwa thitung < ttabel dengan demikian hipotesis ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah afektif, kognitif dan tidak dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada ranah psikomotor.