Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTsN Model Padang Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Dera, Rahman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5334/3/11010111%20DERA%20RAHMAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5334/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5334/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5334/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5334/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di MTsN Model Padang biasanya menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Dengan menggunakan metode ceramah tidak semua siswa yang memperhatikan guru, ketika guru bertanya hanya sedikit siswa yang mau menjawab, dan ketika diskusi guru hanya mengelompokkan siswa berdasarkan tempat duduknya saja, serta hanya sebahagian kecil siswa yang aktif saat diskusi dilakukan. Salah satu cara yang dapat diterapkan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTsN Model Padang tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Model Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Dengan mengggunakan teknik tersebut didapatkan kelas eksperimen yaitu kelas VIII6 dan kelas kontrol adalah kelas VIII7. Instrumen yang digunakan untuk ranah kognitif adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif, ranah afektif menggunakan lembar observasi, dan ranah psikomotor dari penilaian keterampilan menulis laporan. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf nyata 0,05. Hasil analisis data Penilaian kompetensi ranah sikap pada kelas eksperimen dengan predikat B (3,26), ranah pengetahuan B (3,07) ranah keterampilan A- (3,63). Sedangkan pada kelas kontrol penilaian pada ranah sikap dengan predikat B+ (3,36), pengetahuan B (2,87) dan keterampilan B+ (3,34). Pada ranah pengetahuan harga thitung 3,00 sedangkan ttabel 1,66 dengan demikian hipotesis diterima.. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Biologi pada ranah pengetahuan siswa kelas VIII MTsN Model Padang Tahun Pelajaran 2015/2016, Pada penilaian ranah sikap dan keterampilan kelas eksperimen dan kelas kontrol mampu meraih hasil yang optimal dengan persentase ketuntasan belajar diatas 75%.