Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bagaimana kesadaranbahasa siswa bahasa Inggris dalam menulis tugas akhir.Penelitian ini bertujuan menjawab tiga pertanyaan yaitu ketidaktepatan penggunaan subject-verb agreement, teknik yang siswa gunakan dalam mengoreksi kesalahan dalam writing dan bagaimana level kebutuhan kesadaran bahasa siswadari segi kognitif terutama dalam menulis tugas akhinya.Jenis penelitian ini adalah qualitative researchdengan menggunakan disain case studyyang bertujuan untuk menafsirkan bagaimana kebutuhan kesadaran bahasa siswa bahasa inggris dalam menulis.Infomandalam penelitian ini hanya satu orang yaitu siswa bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat.Dalam pengambilan sample, penelitian inimenggunakan purposive sampling yakni pengambilan sample dengan tujuan tertentu berdasarkan kebutuhan penelitian. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan 3 instrumen yaitu:document checklist, observation checklist dan interview. Temuan penelitian ini adalah terdapat dua level dari kebutuhan kesadaran bahasa yaitu level tinggi dan rendah. Dalam penelitian ini, informanmembutuhkan kesadaran bahasa di tingkat level yang rendah. Karena, melalui beberapa tahap penelitian menunjukkan bahwa informan memiliki refleksi dan pemahaman yang bagus namun hanya membutuhkan perhatian yang lebih agar mampu meminimalisir kesalahan dalam skill menulis terutama dalam menulis tugas akhir.