Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group vestigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Di SMA Negei 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Main Author: Rosmaini, Rosmaini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5323/1/14020002-ROSMAINI-SKRIPSI....pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5323/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5323/3/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5323/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5323/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan pembelajaran diterapkan guru yang cendrung menggunakan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi, pembelajarannya masih berpusat pada guru dan pada saat proses pembelajaran berlangsung belum semua siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran yang ditandai dengan kurangnya interaksi antara siswa dan siswa, dan hasil belajar sejarah siswa kelas X IPA SMA N 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang masih di bawah KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah, yaitu 75. Untuk mengatasi masalah yang ditemukan, maka peneliti menyarankan sebuah model pembelajaran Group Investigation (GI). Berdasarkan latar belakang masalah dan batasan masalah yang telah dikemukakan tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X IPA SMA N 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar sejarah siwa kelas X IPA SMA N 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA N 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang terdaftar di semester II tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pada ranah kognitif adalah berupa tes akhir penelitian. Analisis data yang digunakan pada ranah menggunakan uji-t pada ranah kognitif dengan taraf (α = 0,05). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata tes hasil belajar sejarah siswa pada kelas eksperimen 75,55 sedangkan rata-rata tes hasil belajar sejarah pada kelas kontrol 70,00, setelah dilakukan pengujian dengan uji-t diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,31>1,67. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat