Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Handout terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XSMAN 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Mardia, Roza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5318/4/11010062%20MARDIA%20ROZA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5318/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5318/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5318/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5318/ |
Daftar Isi:
- Hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 2 Ranah Pesisir masih berada di bawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75 pada materi Virus. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena kurangnya perhatian siswa dalam belajar, terbatasnya buku pegangan yang dimiliki siswa, kurangnya keaktifan siswa disaat diskusi berlangsung, pembelajaran yang tidak berpusat pada siswa dan kurang bervariasinya model pembelajaran yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai Handout terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 2 Ranah Pesisir Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Ranah Pesisir yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel pada kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas X.4. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda pada penilaian kognitif sedangkan pada penilaian pikomotor pada kelas ekperimen penilaiannya diambil dari hasil diskusi yang dilakukan oleh siswa sedangkan pada kelas kontrol diambil dari catatan siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penilaian kognitif dengan menggunakan uji-t. Hasil dari analisis tes akhir pada penilaian kognitif terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dimana nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,35 dan kelas kontrol 68,73. Pada kedua kelas sampel terjadi peningkatan pada hasil kognitif tetapi pada kelas kontrol nilai rata-rata siswa masih di bawah KKM.. Uji hipotesis diperoleh thitung =2,04 dan ttabel = 1,67. Dengan demikian thitung> ttabel, maka hipotesis diterima. Pada penilaian psikomotor kelas eksperimen mendapatkan nilai yang lebih baik dibanding kelas kontrol. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai handout dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan Tahun pelajaran 2015/2016.