Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Disertai LDS Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang
Main Author: | Ridho Ilafi, Sukma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5314/1/11010045%20RIDHO%20ILAFI%20SUKMA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5314/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5314/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5314/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5314/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) disertai LDS terhadap hasil belajar biologi siswa kalas VIII SMP Negeri 25 Padang. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri padang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Rendahnya hasil belajar biologi siswa disebabkan oleh bebrapa faktor, diantaranya partisipasi dan motivasi siswa dalam belajar biologi rendah dan belum bervariasinya model yang digunakan oleh guru. Dalam proses belajar mengajar guru menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang tertarik dengan cara guru menyampaikan materi sehingga siswa menjadi kuarang aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian pemebelajaran biologi menjadi kurang optimal kerena proses pemebelajaran masih terpusat pada guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posstes Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembaran tes hasil belajar siswa untuk penilaian kognitif, data yang didapat dianalisis dengan menggunakan uji t. Untuk penilaian afektif dan psikomotor berupa lembaran pengamatan. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh perbedaaan rata-rata hasil belajar biologi siswa pada kedua kelas sampel. Nilai rata-rata kognitif siswa kelas eksperimen (75,64) lebih tinggi dari kelas kontrol (71,81). Hasil uji-t didapatkan thitung = 1,73 lebih tinggi dari ttabel = 1,67, maka hipotesis diterima. Hasil rata-rata penilaian pada ranah afektif pada kelas eksperimen 3,05 dan pada kelas kontrol 2,86, sedangkan untuk rata-rata penilaian pada ranah psikomotor pada kelas eksperimen adalah 3,67, dan kelas kontrol adalah 2,57. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) diserta LDS berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang.