Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Disertai LDS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan

Main Author: Putri, Junika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5310/1/11010027%20PUTRI%20JUNIKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5310/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5310/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5310/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5310/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Biologi siswa, ini terlihat dari rata-rata hasil belajar Biologi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 koto XI Tarusan yang memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Salah satu penyebabnya adalah siswa kurang aktif dalam belajar, karena sebagian siswa beranggapan bahwa materi biologi sulit untuk dipahami. Siswa kurang berpatisipasi dan termotivasi dalam pembelajaran, sehingga siswa malas untuk belajar dan mudah merasa bosan. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD disertai LDS terhadap hasil belajar siswa kelasVIII SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester 1 di SMPN 1 Koto XI Tarusan yang terdaftar tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas VIII3 (kelas eksperimen) dan kelas VIII6 (kelas kontrol). Data pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diperoleh berupa ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil tes akhir didapatkan nilai rata-rata pada tes akhir kelas eksperimen yaitu 56,13 dan kelas kontrol 45,28. Dengan uji-t didapatkan nilai Fhitung = 3,90, sedangkan nilai Ftabel = 1,68, maka Fhitung> Ftabel ini menunjukan H1 diterima atau hipotesis diterima. Pada ranah Afektif kelas eksperimen didapatkan nilai 3,03 dengan predikat B, pada kelas kontrol didapatkan nilai 3,07 dengan predikat B. Pada penilaian ranah psikomotor kelas eksperimen didapatkan nilai 3,34 dengan predikat B+, pada kelas kontrol didapatkan nilai 3,28 dengan predikat B+. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD disertai LDS berpengaruh positif terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan.