Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation disertai Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang
Main Author: | Sutirta, Sutirta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5307/4/11010004%20SUTIRTA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5307/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5307/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5307/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5307/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi karena masih adanya rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 13 padang, yang di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya siswa pasif dalam proses pembelajaran, kurangnya interaksi antara siswa dan rendahnya tingkat kerjasama siswa serta penggunaan model dan media yang belum bervariasi. Salah satu cara yang dapat diterapkan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation disertai power point terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation disertai power point terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 13 padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen, dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016, yang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIII.4 sebagai kelas eksprimen dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk ranah kognitif adalah tes akhir hasil belajar berupa tes tertulis, dengan bentuk soal objektif 26 butir soal. Ranah afektif berupa pengamatan dengan lembar observasi dan psikomotor penilaian laporan. Berdasarkan skor tes akhir hasil belajar IPA siswa, diperoleh nilai rata-rata kelas eksprimen 72,60 (B) dan nilai rata-rata kelas kontrol 64,10 (C+). Setelah dilakukan analisis terhadap kelas sampel, didapatkan kedua data berdistribusi normal dan homogen sehingga di dalam uji hipotesis di gunakan uji t. Analisis ujit, diperoleh thitung (3,29) > ttabel (1,67) yang berarti hipotesis diterima. Hasil penilaian untuk ranah afektif kedua kelas sampel tergolong baik, dengan nilai rata-rata modus kelas eksprimen 3,79 (B) dan kelas kontrol 3,51(B). Untuk hasil penilaian ranah psikomotor tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata kelas eksprimen 3,80 (A-) dan kelas kontrol 3,44 (B+). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation disertai power point berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang pada materi sistem gerak manusia.