Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Disertai LDS Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 2 Solok Selatan

Main Author: Helma, Rianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5299/3/10010126%20HELMA%20RIANTI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5299/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5299/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5299/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5299/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Biologi siswa SMA NEGERI 2 Solok Selatan, yaitu nilai rata-rata ulangan harian Biologi siswa pada materi Fungi masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Faktor-faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah diantaranya siswa merasa kesulitan dalam memahami pengelompokkan berbagai macam jenis-jenis jamur, daur hidup dan reproduksi jamur yang kompleks dan bahasa latin yang kurang dipahami siswa. Kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar biologi.. Siswa kurang aktif karena siswa hanya mendengar, memperhatikan dan mencatat selama proses pembelajaran. Proses pembelajaran masih terpusat pada guru, karena guru masih menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai LDS terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 197 orang siswa dan dikelompokkan menjadi 7 kelas, sedangkan sampel adalah kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Postest Only Design. Berdasarkan hasil analisis yang didapat rata-rata tes hasil belajar kelas eksperimen pada ranah kognitif adalah 78,84, sedangkan kelas kontrol 71,96. Rata-rata tes hasil belajar kelas eksperimen pada ranah afektif adalah 3,57, sedangkan kelas kontrol 3,36. Rata-rata tes hasil belajar kelas eksperimen pada ranah psikomotor adalah 3,34, sedangkan kelas kontrol 3,22. Setelah dilakukan pengujian dengan uji-t didapatkan harga thitung= 2,43 dan ttabel= 1,68 berarti thitung 1)ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini dengan selang kepercayaan 95 % diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai pemberian LDS dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan.