Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Biologi SMAN 2 Koto XI Tarusan
Main Author: | Febria, Trisnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5291/1/09010252%20FEBRIA%20TRISNAWATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5291/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5291/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5291/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5291/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa beranggapan bahwa pelajaran biologi sulit dan bersifat hafalan sehingga siswa kurang aktif saat pembelajaran berlangsung, siswa kurang percaya diri untuk bertanya dan menjawab pertanyaan tentang materi yang tidak dipahaminya sehingga guru tidak memahami sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Untuk mengatasi permasalahan dan meningkatkan hasil belajar siswa, guru perlu melakukan pembaharuan dalam proses pembelajaran biologi. Berbagai model pembelajaran dapat digunakan guru agar pembelajaran terpusat pada siswa seperti model pembelajaran kooperatif. Diantara model pembelajaran kooperatif adalah Group Investigation (GI). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Designe. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMAN 2 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, sehingga diperoleh kelas sampel adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Data pada ranah kognitif didapatkan dengan melakukantes akhir, pada ranah afektif dilakukan dengan cara non tes yaitu mengisi lembaran observasi, sedangkan pada psikomotor dilakukan dengan cara menilai hasil diskusi kelompok siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji t, dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata pada penilaian kognitif pada kelas eksperimen adalah 75,00 dan pada kelas kontrol 68,79. Pada kedua kelas sampel terjadi peningkatan pada hasilranah kognitif tetapi pada kelas kontrol nilai rata-rata siswa masih di bawah KKM. Dari uji hipotesis yang dilakukan didapat bahwa thitung>ttabel dimana thitung = 2,14 dan ttabel = 1,67 dengan demikian hipotesis diterima. Pada penilaian ranah afektif kelas eksperimen mendapat nilai 3,46 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 2,96. Pada penilaian ranah psikomotor kelas eksperimen mendapat nilai 3,46 sedangkan kelas kontrol yaitu 3,39. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan model pembelajaran tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 2 Koto XI Tarusan Tahun pelajaran 2015/2016