Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Perilaku Moral Pascakonvensional Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Mira, Hanifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/529/1/13060163%20MIRA%20HANIFA%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/529/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/529/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/529/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/529/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya orang tua yang kurang memperhatikan anak dan adanya orang tua yang kurang memberikan penghargaan terhadap prestasi anak. Tujuan penelitian ini menggambarkan. 1) Secara umum hubungan dukungan sosial orang tua dengan perilaku moral peserta didik. 2) Secara khusus: hubungan X1 dengan Y1, hubungan X2 dengan Y1, hubungan X3 dengan Y1, hubungan X4 dengan Y1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 164 orang peserta didik sedangkan sampel penelitian sebanyak 62 orang dipilih berdasarkan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data yang digunakan adalah statistik korelasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan dukungan sosial orang tua dengan perilaku moral peserta didik di SMA Negeri 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. 1) Secara umum: hubungan dukungan sosial orang tua dengan perilaku moral memiliki koefisien korelasi yang sangat kuat dengan arah hubungan positif. 2) Secara khusus: hubungan dukungan emosional dengan tahap pascakonvensional memiliki koefisien korelasi yang sangat kuat dengan arah hubungan positif, hubungan dukungan penghargaan dengan tahap pascakonvensional memiliki koefisien korelasi yang kuat dengan arah hubungan positif, hubungan dukungan instrumental dengan tahap pascakonvensional memiliki koefisien korelasi yang lemah dengan arah hubungan positif, hubungan dukungan informasi dengan tahap pascakonvensional memiliki koefisien korelasi yang kuat dengan arah hubungan positif. Penelitian ini direkomendasikan kepada orang tua agar memberikan dukungan sosial yang positif kepada peserta didik sehingga dapat memperbaiki perilaku moral peseta didik itu sendiri.