Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang ditemukan di lapangan bahwa kurangnya kemampuan peserta didik untuk menerima, menilai, mengelola serta mengontrol emosi pada dirinya sendiri dan orang lain yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kecerdasan emosional dilihat dari: 1) mengenali emosi sendiri, 2) mengelola emosi, 3) memotivasi diri sendiri, 4) mengenali emosi orang lain, 5) membina hubungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas XI IPS SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 170 peserta didik. Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel adalah proportional random sampling, sebanyak 35 orang peserta didik kelas XI IPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan teknik persentase dengan perumusan kriterium Sturgess. Hasil penelitian profil kecerdasan emosional peserta didik di kelas XI IPS SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan, secara umum terkategori baik. Hasil penelitian berdasarkan indikator, yaitu 1) Kecerdasan emosional dilihat dari mengenali emosi sendiri terkategori baik, 2) Mengelola emosi terkategori baik, 3) Memotivasi diri sendiri terkategori sangat baik, 4) Mengenali emosi orang lain terkategori baik, 5) Membina hubungan terkategori sangat baik. Berdasarkan penelitian ini direkomendasikan kepada Guru BK agar lebih meningkatkan materi-materi tentang kecerdasan emosional supaya bisa memberikan bimbingan kepada peserta didik tentang kecerdasan emosional.