Daftar Isi:
  • Penelitian ini berawal dari Iimplementasi kurikulum 2013 yang masih bermasalah di sekolah, khususnya pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Padang. Permasalahan tersebut diantaranya kesulitan guru mengisi format evaluasi yang cukup ruwet dan jumlah yang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Padang. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan tipe evaluasi terhadap implementasi pelaksanaan pembelajaran sejarah dalam kurikulum 2013. Sebagai informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang guru sejarah yang dilengkapi dengan kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, dan beberapa orang informan lainnya. Semua data dianalisis hingga dibuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sekolah sudah mempersiapkan sarana pembelajaran berupa media, alat pembelajaran seperti laptop, infocus, peta, gambar, film dokumenter, buku pelajaran, serta format-format penilaian, (2) Pelatihan dan workhsop guru sejarah tentang proses pembelajaran saintific, (3) Mengkaji dan mendalami proses pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan pola kurikulum 2013. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru dan kepala sekolah telah berupaya menyiapkan segala sesuatu untuk pelaksanaan kurikulum 2013. Namun demikian masih ditemukan beberapa kendala diantaranya kesiapan siswa, dan pengisian format penilaian yang rumit.