Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi sulitnya siswa memahami materi Operasi Aljabar dan berkonsentrasi selama pembelajaran. Hal ini disebabkan siswa sibuk mencatat materi yang disampaikan. Tidak adanya buku sumber membuat siswa mencatat semua yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Handout Guided Note Taking pada materi Operasi Aljabar. Handout yang dikembangkan hendaklah valid, praktis, dan efektif. Valid berarti Handout sesuai dengan silabus dan buku. Praktis berarti penyajian materi mudah dipahami. Efektif berarti bisa memberikan hasil yang maksimal bagi penggunanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti model umum desain penelitian Plom. Terdapat tiga tahap pengembangan yaitu Preliminary Research, Prototyping Phase, dan Assessment Phase. Tahap Preliminary Research meliputi wawancara, pengumpulan dokumen silabus dan bahan ajar materi Operasi Aljabar. Prototyping Phase terdiri dari rancangan sistematika dan struktur Handout, pengembangan prototipe, evaluasi diri, dan tinjauan ahli. Assessment Phase terdiri dari evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Validitas Handout oleh ahli matematika memperoleh nilai 66,7% dengan kriteria valid. Praktikalitas Handout diketahui dari pengisian angket dan wawancara guru dan siswa. Nilai praktikalitas tahap evaluasi satu-satu guru yaitu 85,7% dengan kriteria sangat praktis. Nilai praktikalitas tahap evalusai satu-satu siswa yaitu 80,9% dengan kriteria sangat praktis. Tahap uji coba kelompok kecil diperoleh nilai praktikalitas 83,3% dengan kriteria sangat praktis. Efektifitas Handout diketahui dari hasil tes akhir. Statistik uji yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 0.70 dan ttabeS = 1,68. Karena thitung < ttabeS maka hipotesis penelitian diterima pada taraf nyata α = 0,05. Jadi, Handout Guided Note Taking sudah valid, praktis, dan efektif.