Kemampuan Menulis Paagraf Deskripsi dengan Menggunakan Teknik Objek Langsung Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Diyen, Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5197/4/11080198%20DIYEN%20NOVITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5197/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5197/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5197/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5197/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, kurangnya metode pembelajaran yang diterapkan guru, sehingga siswa merasa jenuh dalam memperhatikan pelajaran terutama pelajaran menulis berita. Kedua, menulis berita merupakan pembelajaran yang membosankan bagi siswa, karena guru jarang menggunakan media saat pembelajaran menulis berita. Ketiga, pembelajaran menulis berita dianggap sulit karena siswa kesulitan dalam memulai idenya, serta menentukan judul dari berita yang ditulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode pembelajaran problem based instruction dalam menulis berita siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pra-eksperimen. Design penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest. Populasi dari penelitian ini berjumlah 228 orang yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 MTsN Lubuk Buaya Kota Padang yang berjumlah 33 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes kemampuan menulis berita siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran problem based instruction.Berdasarkan hasil analisis data terhadap kemampuan menulis berita sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran problem based instruction dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis berita sebelum menggunakan metode pembelajaran problem based instruction siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang berada pada rentangan 56 – 65% kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 60,9. Kedua, kemampuan menulis berita sesudah menggunakan metode pembelajaran problem based instruction siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang berada pada rentangan 66 – 75% kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 69,7. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan dari sebelum menggunakan metode pembelajaran problem based instruction dengan sesudah menggunakan metode pembelajaran problem based instruction dalam pembelajaran kemampuan menulis berita dari hasil uji-t pada taraf 95% diperoleh thitung =10,96 dan ttabel=1,694. Kriteria pengujian t diterima jika thitung> ttabel. Dengan kata lain H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran problem based instruction tepat digunakan dalam pembelajaran menulis berita.