Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Mesa, Silvia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5194/4/11080173%20MESA%20SILVIA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5194/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5194/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5194/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5194/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kapas masih rendah dilihat dari pemakaian kosa kata siswa dalam menulis berita. Siswa sulit menuliskan unsur 5W+IH ke dalam bentuk tulisan. Siswa kesulitan menuangkan dan mengembangkan fakta dan data yang didapat di lapangan ke dalam bentuk tulisan khususnya menulis berita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode cooperative learning tipe STAD terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 25 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan sebelum dan sesudah menggunakan metode cooperative learning tipe STAD. Data dianalisis dan dilakukan uji-t, normalitas pretest dan postest, uji homogenitas serta uji hipotesis penelitian. Peneliti juga melakukan pemantauan kerja siswa pretest dan postest sebelum dan sesudah menggunakan metode cooperative learning tipe STAD. Berdasarkan hasil analisis data terhadap keterampilan menulis berita sebelum dan sesudah menggunakan metode cooperative learning tipe STAD dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis berita sebelum menggunakan metode cooperative learning tipe STAD siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan berada pada rentangan 56 – 65% kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 58,5. Kedua, keterampilan menulis berita sesudah menggunakan metode cooperative learning siswa kelas VIII.1 SMP N 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan berada pada rentangan 66 – 75% kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 69,9. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dari sebelum menggunakan metode cooperative learning tipe STAD dengan sesudah menggunakan metode cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran keterampilan menulis berita berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan metode cooperative learning tipe STAD dengan taraf 95% diperoleh thitung =4,68 dan ttabel=1,71. Kriteria pengujian t diterima jika thitung> ttabel. Dengan kata lain H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian metode cooperative learning tipe STAD tepat digunakan dalam pembelajaran menulis berita.