Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VIII MTsN Talaok Bayang Pesisir Selatan
Main Author: | Anggye, Kurniawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5193/4/11080161%20ANGGYE%20KURNIAWAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5193/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5193/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5193/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5193/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan, siswa belum mampu memilih kata-kata yang tepat dalam menulis berita, sulit membedakan judul berita dengan topik dalam berita, dan sulit untuk membedakan uraian dari kalimat why (mengapa) dan how (bagaimana) dalam berita. Penggunaan media yang kurang bervariasi menyebabkan siswa kurang mampu dalam menulis. Media yang kurang memadai di sekolah seperti buku mata pelajaran Bahasa Indonesia, koran, infokus, radio. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis berita siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Design penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang Pesisir Selatan yang berjumlah 33 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kemampuan menulis berita siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang Pesisir Selatan sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual. Berdasarkan hasil analisis data terhadap kemampuan menulis berita sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual dapat disimpulkan sebagai berikut ini: Pertama, kemampuan menulis berita sebelum menggunakan media audio visual siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang Pesisir Selatan berada pada rentangan 66 – 75% kualifikasi lebih dari cukup (LDC) dengan nilai rata-rata 70.03. Kedua, kemampuan menulis berita sesudah menggunakan media audio visual siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang Pesisir Selatan berada pada rentangan 76 – 85% kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 70. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan dari sebelum menggunakan media audio visual dengan sesudah menggunakan media audio visual dalam pembelajaran kemampuan menulis berita dari hasil uji-t pada taraf 95% diperoleh thitung =3,305 dan ttabel=1,696. Kriteria pengujian t diterima jika thitung> ttabel. Dengan kata lain H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian penggunaan media audio visual tepat digunakan dalam pembelajaran menulis berita.