Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang berkomunikasi kurang baik kepada guru tanpa rasa segan dihadapan guru BK, adanya peserta didik berbahasa yang tidak baik kepada guru dihadapan guru BK, adanya peserta didik yang berbicara dengan nada yang tinggi dihadapan guru BK, adanya peserta didik yang berkomunikasi kurang baik kepada teman sebayanya dihadapan guru BK, adanya peserta didik yang berbicara saat jam pelajaran berlangsung diabaikan oleh guru BK, dan adanya peserta didik yang malu untuk bertanya tentang materi diabaikan oleh guru BK. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan.1) Peran guru BK dalam meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik terhadap guru. 2) Peran guru BK dalam meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik terhadap teman sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI yang berjumlah 349 orang. Sampel penelitian sebanyak 77 orang dipilih berdasarkan teknik Propotional Random Sampling, jenis dan sumber data yang digunakan data interval, data primer, dan data sekunder, pengumpulan data menggunakan angket, analisa yang digunakan adalah distribusi frekuensi persentase. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Peran guru BK dalam meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik terhadap guru berada pada kategori cukup baik. 2) Peran guru BK dalam meningkatkan komunikasi interpersonal peserta terhadap teman sebaya berada pada kategori cukup baik. Penelitian ini direkomendasikan kepada Guru BK: Agar mampu memberikan layanan yang lebih tepat lagi untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik agar peserta didik nantinya mampu menjalin hubungan yang baik dilingkungan tempatnya berada.