Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Menggunakan Teknik Konstruktivisme Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Padang
Main Author: | Riri, Andrayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5187/2/11080139%20RIRI%20ANDRIYANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5187/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5187/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5187/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5187/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat masalah sebagai berikut ini. Kemampuan menulis siswa tergolong masih rendah. Siswa kesulitan menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan. Siswa kesulitan dalam membuat rincian tentang objek yang dideskripsikan, penginderaan tentang objek masih kurang tepat, dan penggambaran objek tidak menggunakan susanan ruang. Guru cenderung menggunakan media ceramah tanpa menggunakan teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik konstruktivisme siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang dituntut banyak menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 260 orang siswa yang tersebar di sembilan kelas. Sampel penelitian diambil satu kelas (purposive sampling) yaitu sebanyak 29 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor siswa kelas X5 SMAN 9 Padang menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik konstruktivisme. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik konstruktivisme siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut ini. Pertama, untuk indikator 1 (memperlihatkan detail atau rincian tentang objek) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 89,75 berada pada rentangan 86-95% pada skala 10. Kedua, untuk indikator 2 (objek yang dapat diindera oleh panca indera) ) tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata 74,96 berada pada rentangan 66-75% pada skala 10. Ketiga, untuk indikator 3 (menggunakan susunan ruang) tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata 72,37 berada pada rentangan 66-75% pada skala 10. Keempat, menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik konstruktivisme siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang untuk keseluruhan indikator tergolong baik (B) dengan rata-rata 78,92 berada pada rentangan 76-85% pada skala 10.