Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalahan sebagai berikut. Pertama, kurangnya kemampuan siswa dalam membaca pemahaman karangan deskripsi sehingga siswa merasa kesulitan memahami isi bacaan. Kedua, siswa beranggapan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dalam menulis karangan deskripsi adalah kegiatan yang sulit dilaksanakan karena siswa sulit dalam menuangkan ide, gagasan, pikiran ke dalam bentuk tulisan. Ketiga, kosakata yang digunakan dalam menulis karangan deskripsi masih kurang efektif dan tidak tepat. Keempat, Kurangnya kemampuan siswa dalam menulis khususnya menulis karangan deskripsi dikarenakan masih banyak ditemukan siswa yang belum mengetahui cara mengarang yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 270 orang siswa yang tersebar dalam 9 kelas, yang terdiri dari 30 orang siswa untuk masing-masing kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah propotional random sampling yaitu penarikan sampel berdasarkan proporsi jumlah siswa per kelas yang diambil secara acak. Sampel pada penelitian ini berjumlah 24 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan unjuk kerja. Pengujian hipotesisis penelitian menggunakan analisis korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Pertama, kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat dalam memahami bacaan berupa karangan deskripsi berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung sebesar 68,47%. Kedua, kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat dalam menulis karangan deskripsi berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung sebesar 74,44%. Ketiga, terdapat korelasi antara kemampuan membaca dengan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat karena nilai thitung (3,312) > ttabel (2,074).