Pengaruh Penggunaan Metode Tematik Terhadap Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas
Main Author: | Yulia, Triani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5180/2/11080120%20YULIA%20TRIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5180/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5180/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5180/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5180/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh tiga permasalahan yaitu sebagai berikut. Pertama, siswa mengalami kesulitan untuk mengembangkan karangan dalam bentuk tulisan, sehingga siswa sulit dalam menulis karangan eksposisi dan terfokus dalam satu topik itu. Kedua, siswa memiliki minat baca yang kurang sehingga sulit untuk mengembangkan karangan eksposisi. Ketiga, siswa mengalami kesulitan dalam merangkai kata-kata karena kurangnya penguasaan kosa kata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Mengingat jumlah populasi lebih dari 100 orang, maka perlu dilakukan penarikan sampel menggunakan teknik sampel Purposive Sampling. Purposive Sampling adalah sampel yang sengaja dipilih berdaasarkan karakteristik tertentu yang diperlukan dalam penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.3 SMA Negeri 2 Batang Kapas yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 orang. Data penelitian ini adalah hasil tes kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas sebelum dan sesudah menggunakan metode tematik. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas sebelum menggunakan metode tematik memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,14 pada rentangan 66-75% berkualifikasi lebih dari cukup. Kedua, kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas sesudah menggunakan metode tematik memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,66 pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan ekspsosisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas dengan menggunakan metode tematik karena yaitu 1,78>1,68 dengan derajat kebebasan dk= ( + )-2. >