Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 2×11 Enam Lingkung Padang Pariaman

Main Author: Saparudin, Saparudin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/517/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/517/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/517/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/517/4/12050239%20SAPARUDIN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/517/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berpartisipasi siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan yang dimiliki dalam proses pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 2×11 Enam Lingkung Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen,dengan pengambilan sampel secara acak random terhadap subjek. Populasi terdiri dari 4 kelas yaitu XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3 dan XI IPA 4 . Terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir, dengan reliabil dalah 0,735. stik uji yang digunakan untuk penelitian ini adalah tes akhir, dengan reliabilitas adalah 0,735. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil tes akhir yng diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 4,715 dan ttabel 1,675 dengan α = 0.05, maka thitung > ttabel dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung Padang Pariaman.