Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMPANegeri 9 Padang
Main Author: | Vivi, Anggriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5164/2/11080040%20VIVI%20ANGGRIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5164/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5164/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5164/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5164/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi tiga landasan. Pertama, siswa kurang mampu menguasai konsep eksposisi .Kedua, sisa belum mampu menguasai syarat-syarat eksposisi dan fungsi eksposisi.Ketiga, kurangnya pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai menulis paragraf eksposisi. Penelitian ini juga bertujuan sebagai berikut. Pertama, untuk mendeskripsiksan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XSMA N 9 Padang. Kedua, untuk mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA N 9 Padang. Ketiga, untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara membaca pemahaman dengan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA N 9 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dengan desain korelasional.Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2116 dengan jumlah sampel 30 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data membaca pemahaman, Sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis paragraf eksposisi. Data kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan menulis paragraph eksposisi dihubungkan dengan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment dan dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasandapat disimpulkan hal-hal berikut.Pertama, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (69,10). Kedua, kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 9Padang berada pada kualifikasilebihdari cukup (69,16). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri9 Padang padaderajatkebebasan n-2 pada taraf signifikan 0,05%. Artinya kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis paragraf eksposisi terdapat hubungan yang erat. Apabila kemampuan membaca pemahaman siswa tinggi, kemampuan menulis paragraph eksposisi juga tinggi .Sebaliknya, apabila kemampuan membacanya rendah, kemampuan menulis paragraph eksposisi juga rendah. . Hipotesis diterima jika t hitung < t tabel dengan dk= n-2 dan p = 0,05. Hipotesis ini diterima jika t hitung > t tabel dengan dk = n-2 dan p = 0,05. dengan skor 1,701.