Kemampuan Menulis Karangan Narasi Sugestif dengan Menggunakan Teknik Meniru Model Siswa Kelas X XMA Negeri 9 Padang
Main Author: | Nia Kamelia, Desti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5162/4/11080019%20NIA%20KAMELIA%20DESTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5162/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5162/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5162/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5162/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam menulis khususnya menulis karangan narasi sugestif. Siswa juga kurang menguasai kosakata dalam menulis karangan narasi sugestif. Siswa merasa jenuh dalam menulis karangan narasi sugestif karena guru belum menemukan teknik yang tepat untuk memotivasi semangat siswa dalam menulis karangan narasi sugestif. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi sugestif dengan menggunakan teknik meniru model siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang yang diambil secara acak (propotional random sampling) yaitu sebanyak 30 orang. Data dalam penelitian ini adalah hasil kerja siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang menulis karangan narasi sugestif dengan teknik meniru model. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, guru melakukan tanya jawab kepada siswa tentang karangan narasi sugestif. Kedua, guru menyuruh siswa menulis sebuah karangan narasi sugestif sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Ketiga, siswa menulis karangan narasi sugestif sesuai dengan struktur karangan narasi sugestif. Keempat, guru mengumpulkan hasil tugas siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan menulis karangan narasi sugestif dengan menggunakan teknik meniru model siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang sebagai berikut; (1) kemampuan menulis karangan narasi sugestif dengan menggunakan teknik meniru model siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang untuk indikator alur tergolong baik (B) dengan rata-rata 77,77 berada pada rentangan 76 – 85% (2) kemampuan menulis karangan narasi sugestif dengan menggunakan teknik meniru model siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang untuk indikator latar tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 91,10 berada pada rentangan 86 – 95% (3) kemampuan menulis karangan narasi sugestif dengan menggunakan teknik meniru model siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang untuk indikator penokohan tergolong baik (B) dengan rata-rata 79,99 berada pada rentangan 76 – 85%.