Kemampuan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris Berdasarkan Teks Wawancara dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write Siswa SMP Negeri 15 Padang

Main Author: Syabrina, Ayunani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5156/3/10080380%20SYABRINA%20AYUNANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5156/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5156/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5156/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5156/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya semangat dalam pembelajaran menulis narasi siswa belum terampil dalam mengidentifikasikan ide-ide kedalam bentuk tulisan narasi, siswa juga mengalami kesulitan dalam memebedakan narasi ekspositoris dengan narasi sugestif. Permasalahan yang dibahas bagaimanakah kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris berdasarkan teks wawancara dengan menggunakan strategi Think Talk Write siswa kelas SMP Negeri 15 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris berdasarkan teks wawancara dengan menggunakan strategi Think Talk Write siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah hasil tes menulis karangan narasi ekspositoris berdasarkan teks wawancara dengan menggunakan strategi Think Talk Write yang dilakukan oleh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang yang berjumlah 267 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII1 SMP Negeri 15 Padang yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara simple random sampling (sampling acak sederhana) dimana sampel dipilih secara acak dari jumlah yang telah ditentukan. Berdasarkan pembahasan dan analisis data yang telah dilakukan mengenai kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris berdasarkan teks wawncara dengan menggunakan strategi Think Talk Write siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang, diperoleh lima kesimpulan. Kesimpulan tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris untuk gabungan keenam indikator dengan rata-rata kemampuan siswa 85,75 berada pada rentangan 76-85%. Kedua, kempuan menulis karangan narasi ekspositoris untuk indikator 1 (memperluas pengetahuan)dengan rata-rata kemmpuan siswa 1) Ketiga, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris untuk indikator 2 (menyampaikan informasi secara kronologis) dengan rata-rata kemampuan siswa 33,95. Keempat, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris untuk indikator 3 (berdasarkan penalaran yang rasional) dengan rata-rata kemampuan siswa 33,95. Kelima, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris untuk indikator 4 (bahasa informative dan kata-kata denotatif) dengan rata-rata kemampuan siswa 33. Keenam, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris untuk indikator 5 (kalimat langsung) dengan rata-rata kemampuan siswa 86,16. Ketujuh, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris untuk indikator 6 (kalimat tidak langsung) dengan rata-rata kemampuan siswa 58,25. Jadi, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris berdasarkan teks wawancara tergolong baik (B) dengan rata-rata kemampuan siswa 85,75 berada pada rentangan 76-85%.