Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Narasi ekspositoris Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Silaut Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Helni, Gusnita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/515/4/13080215%20HELNI%20GUSNITA%20%20%20%20ok%20plip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/515/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/515/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/515/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/515/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan sebagai berikut: Pertama, sebagian siswa masih belum terampil dalam menulis narasi. Kedua, kesulitan yang dialamai siswa yaitu menentukan ide. Ketiga, dalam proses pembelajaran menulis narasi, guru tidak pernah menggunakan model karena keterbatasan. Keempat, model PCL belum pernah digunakan dan model PCL pun belum pernah didengarnya. Kelima, dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan memberikan latihan pada siswa. Keenam, guru sangat jarang dalam menggunakan media saat pembelajaran berlangsung, jika menggunakan media tentu memberi pengaruh positif terhadap tulisan siswa karena siswa akan lebih paham dan mengerti dengan penjelasan guru. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan Pertama, keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 1 Silaut yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran PCL. Kedua, keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA N 1 Silaut yang diajarkan dengan menggunaan model pembelajaran PCL serta pengaruhnya. Ketiga, pengaruh model pembelajaran PCL terhadap keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA N 1 Silaut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian berjumlah 121 siswa, sampel yang diambil sebanyak 60 orang siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas X.3 kelas kontrol dan X.4 kelas eksperimen. Teknik penarikan sampel yaitu menggunakan teknik porposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris tanpa menggunakan model pembelajaran PCL dan keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris dengan menggunakan model pembelajaran PCL. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: Pertama, keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Silaut Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menggunakan model pembelajaran PCL ialah 63,05 yang berada pada kualifikasi cukup pada rentang 56-65%. Kedua, keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Silaut Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) ialah sebesar 73,88 berada pada kualifikasi lebih dari cukup pada rentangan 66-75%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran PCLdalam keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 1 Silaut Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjuk kan bahwa nilai thitung (2,25) >ttabel (1,84), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.