Kemampuan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Teknik Bercerita Berpasangan Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman
Main Author: | Abda, Hayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5149/4/10080363%20ABDA%20HAYANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5149/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5149/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5149/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5149/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis cerpen masih rendah. Pertama, siswa kurang berminat dalam menulis cerpen. Kedua, kurangnya kerjasama siswa dalam diskusi kelompok. Ketiga, Siswa kesulitan dalam mengembangkan ide-ide, yang akan ditulisnya. Keempat, Siswa kurang mampu memilih kata yang tepat, dan kalimat yang kurang efektif. Pada XII SMA Negeri 2 Pariaman, teknik dan strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran belum efektif dan kurang bervariasi sehingga siswa sering meribut di kelas. Guru terkadang cuma memanfaatkan media yang apa adanya seperti papan tulis, buku paket, bahkan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan teknik bercerita Berpasangan siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja pada kelas. Populasi dalam penelitian ini 250 orang dengan pengambilan sampel secara propotional random sampling. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif ini digunakan untuk memberikan gambaran secara umum terhadap hasil karangan yang dibuat oleh siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan teknik bercerita berpasangan siswa kelas XII SMA N 2 Pariaman tergolong baik sekali dengan mean 86,8 berada pada rentangan 86-95%. untuk indikator 1 (penokohan) tergolong baik dengan mean 82,5 berada pada rentangan 76-85%. Kedua, kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan teknik bercerita berpasangan siswa kelas XII SMA N 2 Pariaman untuk indikator 2 (alur) tergolong baik dengan mean 84,3 berada pada rentangan 76-85%. Ketiga, kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan teknik bercerita berpasangan siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman untuk indikator 3 (latar) tergolong baik sekali dengan mean 90,80 berada pada rentangan 85-95%. Hal tersebut membuktikan bahwa lagi kemampuan menulis cerpen siswa dengan teknik bercerita berpasangan ini terutama pada indikator 1 dan indikator 2. Lebih ditingkatkan lagi pemahaman siswa terhadap latihan menulis cerpen dan pemahaman terhadap menganalisis bagaimana watak dan karakter tokoh dalam cerpen yang ditulisnya. Hasil penelitian ini dapat djadikan sebagai bahan pemebelajaran untuk memahami tentang cerpen bagi siswa, guru dan peneliti sendiri.