Pengaruh Penggunaan Media Film terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Windari, Windari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5148/4/10080355%20WINDARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5148/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5148/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5148/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5148/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hal-hal berikut.Pertama, siswa beranggapan bahwa pembelajaran menulis cerpen tidak menarik sehingga siswa kurang berminat dalam pembelajaran menulis cerpen. Kedua, terbatasnya waktu dan kurangnya bentuk praktik menulis cerpen sehingga siswa kesulitan dalam memulai gagasan atau ide yang akan ditulis dalam mengembangkan sebuah cerpen.Ketiga, bagi siswa menulis cerpen lumayan sulit, terlihat dari penamaan pelaku dan penokohan. Keempat, metode dan teknik yang digunakan guru dalam belajar belum efektif dan bervariasi. Tujuan penelitian iniPertama,mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan media film.Kedua,mendeskripsikan keterampilan menulis cerpensiswa kelas XII SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan setelah menggunakan media film.Ketiga,mendeskripsikan pengaruh penggunaan media film terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan One Group Pretest Posttest Design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja pada kelas pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini 270 orang dengan pengambilan sampel secara proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dua kali pertemuan.Pertama,sebelum menggunakan media film.Kedua,setelah menggunakan media film.Teknik analisis dataPertama,membaca cerpen yang ditulis siswa.Kedua, mengubah skormentah menjad nilai.Ketiga, mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis cerpen siswa dengan mencari rata- rata. Keempat, mengklasifikasikan keterampilan menulis cerpen sebelum dengan setelah menggunakan media film siswakelasXII SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Kelima,membuat histogram pengaruh penggunaan media film Terhadap keterampilan menulis cerpen secara keseluruhan.Keenam,melakukan uji persyaratan analisis.Ketujuh, melakukan pengujian hipotesis. Kedelapan, menyimpulkan hasil analisis dan pembahasan. Hasil penelitian ini adalah Pertama, keterampilan menulis cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan media film memperoleh nilai rata-rata kelas 57,17 yang berklasifikasi Cukup. Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan setelah menggunakan media film memperoleh nilai rata-rata kelas 81,27 yang berklasifikasi Baik.Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media film terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan karena thitung>ttabel( 8,092 > 1,697).