Hubungan Kebiasaan Membaca Cerpen dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Mike Artika, Wati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5139/3/10080057%20MIKE%20ARTIKA%20WATI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5139/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5139/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5139/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5139/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hal berikut. Pertama, siswa kurang berminat dalam kegiatan menulis cerpen disebabkan kurangnya pembendaharaan kosa kata. Kedua, siswa kurang menerapkan unsur-unsur pembangun cerpen dalam kegiatan menulis. Ketiga, kebiasaan membaca khususnya membaca cerpen siswa masih rendah, hal ini diakibatkan oleh masih rendahnya kebiasaan membaca cerpen siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebiasaan membaca cerpen, mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen, dan mendeskripsikan hubungan kebiasaan membaca cerpen dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu sebanyak 113 orang yang terbagi kedalam 4 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proposional random sampling atau teknik persentase secara acak. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 24 orang siswa yang diambil 20% dari jumlah populasi siswa per kelas. Data penelitian ini berupa angket kebiasaan membaca cerpen dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kebiasaan membaca cerpen dan soal tes unjuk kerja kemampuan menulis cerpen. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu: pertama, variabel bebas (X) kebiasaan membaca cerpen. Kedua, variabel terikat (Y) kemampuan menulis cerpen. Data penelitian dikumpulkan dengan cara memberikan angket dan tes unjuk kerja kepada siswa untuk mengetahui berapa jumlah skor dan nilai siswa dalam kebiasaan membaca cerpen dan kemampuan menulis cerpen. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilaksanakan, diperoleh tiga hal berikut. Pertama, kebiasaan membaca cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan tingkat penguasaan 70,8. Kedua, kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan tergolong lebih dari cukup (67,6). Ketiga, terdapat hubungan kebiasaan membaca cerpen dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan karena nilai thitung (7,953) lebih besar dari ttabel (1,72) pada derajat kebebasan n-2 (22) dan taraf signifikan 95%.