Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang
Main Author: | Asih, Rahayu Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/513/1/13080207%20ASIH%20RAHAYU%20PUTRI%20%20%20ok%20plip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/513/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/513/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/513/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/513/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lima permasalahan sebagai berikut ini. Siswa kurang memahami struktur surat dinas, siswa kurang mampu menggunakan kalimat efektif, dan ejaan bahasa Indonesia (EBI) dalam menulis surat dinas, siswa kurang memahami bahasa surat dinas dengan baik, siswa sulit membedakan antara surat dinas dengan surat yang lainnya, siswa kurang memahami format surat dinas yang benar, guru kurang maksimal dalam menerapkan model pembelajaran pada saat menyampaikan materi menulis surat dinas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design dengan jenis rancangan Posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun 2016/2017 yang terdiri dari 8 kelas dan berjumlah 240 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang dilakukan adalah tes unjuk kerja menulis surat dinas tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Data dalam penelitian ini yaitu skor menulis surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang tanpa dan dengan menggunakan model Discovery Learning. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang tanpa menggunakan model Discovery Learning memproleh nilai rata-rata 69,76 dengan rentangan nilai 66-75% yang berkualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan menggunakan model Discovery Learning memperoleh nilai rata-rata 84,44 dengan rentangan nilai 76-85% yang berkualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan Model pembelajaran Discovery Learning terhadap keterampilan menulis surat dinas siswa kels VII SMP Negeri 31 Padang karena thitung > ttabel ( 5,15 >1,67 ) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima.