Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang suka memperolok guru ataupun teman-temannya di sekolah sehingga mengakibatkan perkelahian maka dari itu peneliti mengangkat permasalahan tentang: (1) sikap positif dan negatif peserta didik dalam berkomunikasi di sekolah dengan teman sebaya, (2) sikap positif dan negatif peserta didik dalam berkomunikasi di sekolah dengan guru. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik di Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang berjumlah 221 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 69 orang. Alat pengumpul data adalah angket, analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Sikap peserta didik dalam berkomunikasi di sekolah pada kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang dilihat dari segi : 1) Sikap positif dan negatif peserta didik dalam berkomunikasi di sekolah dengan teman sebaya berada pada kategori sangat banyak 2) Sikap positif dan negatif peserta didik dalam berkomunikasi di sekolah dengan guru berada pada kategori sangat banyak. Hasil penelitian direkomendasikan kepada peserta didik agar dapat bersikap dengan baik dalam berkomunikasi di sekolah dengan teman sebaya dan guru.