Faktor Penyebab Kejenuhan Peserta Didik di Kelas XI SMA N 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman
Main Author: | Yuda, Septianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5127/2/11060341%20YUDA%20SEPTIANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5127/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5127/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5127/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5127/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang ditemui di lapangan bahwa adanya peserta didik yang tidak berani ketika disuruh kedepan, adanya peserta didik yang bosan dalam belajar, adanya peserta didik tidak memiliki motivasi untuk belajar, dan adanya peserta didik yang mengantuk dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Faktor penyebab kejenuhan belajar peserta didik, 2) Faktor penyebab kejenuhan belajar karena kelelahan fisik, 3) Faktor penyebab kejenuhan karena kelelahan mental. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik yang berjumlah 259 orang. Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel adalah teknik proportional random sampling, sampel diambil secara acak pada setiap kelas sehingga sampel menjadi 157 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka terungkap bahwa: 1)Faktor penyebab kejenuhan belajar peserta didik yang secara umum berada pada kategori banyak, 2) Faktor penyebab kejenuhan karena kelelahan fisik berada pada kategori banyak, 3) Faktor penyebab kejenuhan karena kelelahan mental berada pada kategori banyak. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik yang masih mengalami kejenuhan dalam belajar untuk dapat mengurangi agar proses kegiatan belajar peserta didik dapat berjalan dengan baik sehingga hasil belajar peserta didik lebih memuaskan, dan bagi guru BK di sekolah agar lebih meningkatkan dalam memberikan layanan informasi dengan lebih baik lagi karena berdasarkan penelitian banyak peserta didik yang membutuhkan layanan ini untuk mengurangi kejenuhan yang dialami peserta didik terutama faktor penyebab kejenuhan karena kelelahan mental.