Profil Self Control Peserta Didik dalam Berinteraksi Sosial di Kelas XI SMA Negeri 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya
Main Author: | Riska, Diani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5125/4/11060291%20RISKA%20DIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5125/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5125/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5125/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5125/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang diteliti berdasarkan fenomena yang peneliti temukan di lapangan yaitu adanya peserta didik yang mengeluarkan kata-kata tidak sopan dalam berinteraksi, adanya peserta didik tidak mampu menyelesaikan konflik dengan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil self control peserta didik dalam berinteraksi sosial dilihat dari aspek mengontrol perilaku, profil self control peserta didik dalam berinteraksi sosial dilihat dari aspek mengontrol kognitif. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya dengan jumlah 111 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 87 peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari angket yang diisi oleh peserta didik kelas XI sedangkan data sekunder diperoleh dari tata usaha dan pihak sekolah. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum Profil self control peserta didik dalam berinterksi sosial di kelas XI SMA Negeri 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya, secara umum berada pada kategori cukup baik. Gambaran dari aspek kontrol perilaku (Behavior Control) secara umum berada pada kategori cukup baik. Gambaran dari aspek kontrol kognitif (Cognitive Control) secara umum berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada Kepala Sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 2 Koto Baru serta kepada peneliti selanjutnya agar dapat meningkatkan self control peserta didik.