Profil Perilaku Sosial Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Maimatul, Kamela |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5116/4/11060210%20MAIMATUL%20KAMELA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5116/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5116/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5116/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5116/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perilaku sosial peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Profil perilaku sosial peserta didik dilihat dari perspektif biologis, 2) Profil perilaku sosial peserta didik dilihat dari perspektif kognitif, 3) Profil perilaku sosial peserta didik dilihat dari perspektif sosiokultural peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 117 peserta didik. Penarikan sampel digunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 99 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk teknik analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara umum profil perilaku sosial peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kategori cukup baik. Secara khusus: 1) Profil perilaku sosial peserta didik dilihat dari perspektif biologis peserta didik berada pada kategori cukup baik. 2) Profil perilaku sosial peserta didik dilihat dari perspektif kognitif peserta didik berada pada kategori cukup baik. 3) Profil perilaku sosial peserta didik dilihat dari perspektif sosiokultural peserta didik berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk dapat meningkatkan perilaku sosial peserta didik dari kategori cukup baik menjadi baik