Pengaruh Model Pembelajaran Make-A Match terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang
Main Author: | Fardila, Fardila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/510/1/13080202%20FARDILA%20%20%20ok%20plip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/510/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/510/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/510/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/510/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yaitu Pertama, kurang minatnya siswa dalam pembelajaran menulis pantun. Kedua, siswa mengalami kesulitan dalam menulis pantun. Ketiga, siswa belum memahami struktur pantun yang benar. Keempat, kurangnya perhatian siswa dalam pengunaan bahasa pantun. Kelima, siswa tidak dapat membedakan antara pantun dan jenis puisi rakyat lainnya. Keenam, guru kurang maksimal dalam penerapan model pembelajaran Discoverry Learning. Ketujuh, model pembelajaran Make-A Match belum pernah diterapkan saat pembelajaran menulis pantun dikelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang tanpa menggunakan model Make-A MAtch dan dengan menggunakan model Make-A Match, serta mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Make-A Match terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang yang terdaftar pada tahun 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini kelas VII.4 (kelas kontrol) dan kelas VII.3 (kelas eksperimen). Data penelitian ini adalah skor menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang tanpa dan dengan menggunakan model Make-A Match. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis pantun siswa tanpa menggunakan model Make-A Match memperoleh nilai rata-rata 70,39 dengan klasifikasi 66-75%, yaitu lebih dari cukup. Kedua keterampilan menulis pantun siswa dengan menggunakan model Make-A Match memperoleh nila rata-rata 84,44 dengan klasifikasi 76-85% yaitu baik. Ketiga, hasil uji-t terdapat. pengaruh terhadap penggunaan model Make-A Match karena > (5,24>1,67). Dapat disimpulkan keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang dengan menggunakan model Make-A Match lebih baik dari pada tanpa menggunakan.