Peran Guru BK dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Tinggal Kelas di SMA Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam

Main Author: Meria, Noviyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5089/4/11060136%20MERIA%20NOVIYANTI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5089/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5089/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5089/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5089/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dibelatarbelakangi oleh kurangnya peran guru BK dalam mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik tinggal kelas. Tujuannya dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) peran guru BK dalam mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik tinggal kelas dengan teman sebaya, 2) peran guru BK dalam mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik tinggal kelas dengan guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik tinggal kelas di SMA Negeri 1 Lubuk Basung yang berjumlah 22 peserta didik tinggal kelas. Penarikan sampel digunanakan teknik total sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini 22 orang peserta didik tinggal kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk teknik analisa data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara umum peran guru BK dalam mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik tinggal kelas di SMA Negeri 1 Lubuk Basung berada pada kategori cukup berperan. Secara batasan 1) peran guru BK dalam mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik tinggal kelas dengan teman sebaya berada pada kategori cukup berperan. 2) peran guru BK dalam mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik tinggal kelas dengan guru berada pada kategori cukup berperan. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik tinggal kelas di SMA Negeri 1 Lubuk Basung.