Faktor Pendorong Interaksi Sosial Peserta Didik dengan Guru Mata Pelajaran di SMA Negeri 2 Solok Selatan
Main Author: | Gendri, Zation |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5083/2/11060079%20GENDRI%20ZATION.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5083/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5083/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5083/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5083/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik kurang bisa dalam berinteraksi dengan guru mata pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap :1) Faktor pendorong interaksi sosial peserta didik dalam berinteraksi dengan guru mata pelajaran dilihat dari faktor imitasi, 2) Faktor pendorong interaksi sosial peserta didik dalam berinteraksi dengan guru mata pelajaran dilihat dari faktor sugesti, 3) Faktor pendorong interaksi sosial peserta didik dalam berinteraksi dengan guru mata pelajaran dilihat dari faktor identifikasi, 4) Faktor pendorong interaksi sosial peserta didik dalam berinteraksi dengan guru mata pelajaran dilihat dari faktor simpati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang berusaha menggambarkan tentang suatu keadaan apa adanya. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMA Negeri 2 Solok Selatan Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 80 orang. Penarikan sampel yang peneliti gunakan proposional random sampling yaitu teknik pengumpulan data Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan untuk melaksanakan analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : 1) faktor pendorong interaksi sosial peserta didik dalam berinteraksi dengan guru mata pelajaran di SMA Negeri 2 Solok Selatan dilihat dari faktor imitasi termasuk kategori banyak dengan persentase 67,5%, 2) faktor pendorong interaksi sosial peserta didik dalam berinteraksi dengan guru mata pelajaran di SMA Negeri 2 Solok Selatan dilihat dari faktor sugesti termasuk kategori banyak dengan persentase 43,75%, 3) faktor pendorong interaksi sosial peserta didik dalam berinteraksi dengan guru mata pelajaran di SMA Negeri 2 Solok Selatan dilihat dari faktor identifikasi berada pada kategori banyak dengan persentase 76,25%, 4) pada faktor simpati cukup banyak dengan persentase 88,75%, dan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru mata pelajaran di SMA Negeri 2 Solok Selatan untuk dapat mendorong interaksi sosial peserta didik dalam berinteraksi dengan guru mata pelajaran, orang tua dan teman sebaya.