Efektivitas Bimbingan Belajar yang Diberikan Guru BK dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Eksperimen di Kelas XI IPS 2 SMA Adabiah Padang)
Main Author: | Fiska, Syukmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5082/3/11060075%20FISKA%20SYUKMAWATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5082/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5082/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5082/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5082/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasari hasil observasi dan wawancara ditemukan fakta bahwa adanya peserta didik yang kurang disiplin dalam belajar dan memiliki prestasi belajar yang rendah walaupun telah diberikan bimbingan belajar oleh guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah Pre Ekperimental Design (Nondesign) belum eksperimen sungguhan yaitu One Group Pretest dan Posttest digunakan untuk menguji bimbingan belajar dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Adabiah Padang dengan jumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data dengan menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka terungkap bahwa 1) prestasi belajar peserta didik sebelum diberikan bimbingan belajar berada pada kategori sedang dengan persentase 51,52%. 2) Prestasi belajar peserta didik setelah diberikan bimbingan belajar berada pada kategori sedang dengan persentase 78,79%. 3) Bimbingan belajar efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika dengan selisih persentase 27,27%. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada peserta didik yang memiliki prestasi belajar rendah agar terus berlatih dan memperbaiki kebiasaan belajar. Bagi Guru BK agar lebih menerapkan bimbingan belajar karena berdasarkan penelitian masih banyak peserta didik yang membutuhkan bimbingan ini untuk mengembangkan kemampuannya, serta bagi kepala sekolah sebagai bahan masukan untuk memberikan sarana dan prasarana yang menunjang dalam menerapkan bimbingan belajar agar pelaksanaan layanan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang lebih maksimal.