Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang berperilaku kurang baik dalam proses belajar. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat beberapa peserta didik yang mengganggu temannya belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Profil perilaku kognitif. (2) Profil perilaku afektif. (3) Profil perilaku psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA PGRI 3 Padang yaitu sebanyak 37 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 37 orang peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data diolah menggunakan teknik persentase Hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa: (1)Profil perilaku belajar peserta didik berdasarkan perilaku kognitif berada pada kategori kurang baik dengan persentase 54,05%, (2) Profil perilaku belajar peserta didik berdasarkan perilaku afektif berada pada kategori cukup baik dengan persentase 59,46% (3) Profil perilaku belajar peserta didik berdasarkan perilaku psikomotor berada pada kateori cukup baik dengan persentase 48,65%. Hasil penelitian ini direkomendasikan pada guru BK, pihak sekolah dan orangtua agar dapat membantu peserta didik supaya berperilaku baik dalam belajar.