Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang tidak memiliki motivasi untuk belajar, adanya peserta didik yang sering mengganggu teman ketika jam pelajaran berlangsung, dan adanya peserta didik yang menjawab pertanyaan guru dengan gurauan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Peran guru BK dalam meningkatkan motivasi instrinsik peserta didik tinggal kelas dalam belajar. 2) Peran guru BK dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik peserta didik tinggal kelas dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dengan metode wawancara melalui informan kunci peserta didik tinggal kelas dan informan tambahan guru BK serta wali kelas di SMA Negeri 2 Solok Selatan. Data dikumpulkan melalui pedoman wawancara dan studi dokumentasi yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tinggal kelas: 1. Peran guru BK dalam meningkatkan motivasi instrinsik peserta didik tinggal kelas, di mana guru BK sudah berperan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tinggal kelas dalam belajar, terlihat dari kehadiran dan tugas-tugas yang dikerjakan oleh peserta didik tersebut, dan sudah adanya keinginan dari peserta didik tinggal kelas untuk belajar dengan sungguh-sungguh. 2. Peran guru BK dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik peserta didik tinggal kelas, adanya dorongan dari guru BK terhadap peserta didik tinggal kelas sehingga peserta didik tinggal kelas termotivasi dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan agar peserta didik tinggal kelas bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam belajar serta mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar sehingga peserta didik tinggal kelas tidak ada lagi yang tinggal kelas.