Pelanggaran Peraturan Sekolah oleh Peserta Didik dan Faktor Penyebabnya Serta Upaya Guru BK dalam Penanganannya (Studi terhadap Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 10 Padang)

Main Author: Hanivah, Muslimah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5077/4/11060042%20HANIVAH%20MUSLIMAH.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5077/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5077/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5077/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5077/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil pengamatan adanya peserta didik yang melanggar peraturan sekolah dikarenakan beberapa faktor penyebab seperti faktor dari dalam diri, faktor dari rumah tangga, faktor dari lingkungan masyarakat dan faktor dari sekolah, sehingga guru BK berperan penting untuk dapat mengatasi permasalah tersebut dengan menggunakan layanan bimbingan dan konseling. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui jenis pelanggaran apa saja yang dilakukan peserta didik dan apa yang menjadi penyebab peserta didik melakukan pelanggaran tersebut serta bagaimana upaya yang dilakukan guru BK dalam mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di SMP Negeri 10 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 56 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data diolah menggunakan teknik persentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Bentuk pelanggaran peraturan di sekolah oleh peserta didik yaitu lebih banyak peserta didik yang melanggar tentang ”keluar masuk kelas saat pergantian jam pelajaran” dengan jumlah 30 orang (47%) pelanggar, kemudian bentuk pelanggaran yang paling sedikit dilanggar oleh peserta didik adalah “kurang suka memakai pakaian muslim/muslimah yang dianjurkan sekolah” dengan jumlah 4 orang (6%). (2) faktor-faktor penyebab peserta didik melanggar peraturan sekolah lebih dominan pada faktor dari dalam diri dibandingkan faktor lain seperti faktor dari rumah tangga, lingkungan masyarakat dan sekolah (3) upaya guru BK lebih dominan pada tindakan secara umum seperti menasehati, menegur dan memarahi dibandingkan pemberian layanan BK.