Gambaran Strategi Belajar Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman
Main Author: | Irawati, Irawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5068/2/11060010%20IRAWATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5068/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5068/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5068/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5068/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang diteliti berdasarkan fenomena yang peneliti lihat di lapangan yaitu adanya peserta didik yang tidak memperhatikan cara membuat catatan yang tidak memberi kode/menggarisbawahi untuk dihafal dan adanya peserta didik yang tidak bisa membuat mapping. Berdasarkan fenomena itulah maka peneliti mengangkat permasalahan tentang gambaran strategi belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan: 1) Gambaran strategi menghafal peserta didik. 2) Gambaran strategi elaborasi peserta didik. 3) Gambaran strategi organisasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 53 orang peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data diolah menggunakan teknik persentase. Dari hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa gambaran strategi belajar peserta didik dilihat dari strategi menghafal berada pada kategori cukup baik. Gambaran strategi belajar peserta didik dilihat dari strategi elaborasi berada pada kategori cukup baik. Gambaran strategi belajar peserta didik dilihat dari strategi organisasi berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan pada peserta didik agar mereka mengetahui perannya dalam menerapkan strategi belajar dengan baik dan juga untuk guru dapat membantu untuk mengarahkan peserta didik untuk lebih giat lagi dalam menggunakan strategi belajar di sekolah.