Kompetensi Profesional Guru BK dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Kelompok (Studi deskriptif pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Lubuk Basung
Main Author: | Dian Gusfita, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5065/2/09060167%20DIAN%20GUSFITA%20PUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5065/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5065/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5065/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5065/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya guru BK melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok dengan waktu yang singkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Kompetensi profesional Guru BK dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok terkait dengan: 1) Menguasai konsep dan praksis penilaian untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah peserta didik, 2) Mengimplementasikan program bimbingan dan konseling yang komprehensif dan 3) Menilai proses dan hasil kegiatan bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti layanan bimbingan kelompok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. sampel penelitian berjumlah 66 orang peserta didik yang mengikuti layanan bimbingan kelompok di SMA Negeri 1 Lubuk Basung. Untuk mengumpulkan data dengan menggunakan angket. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum kompetensi profesional guru BK dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok dikategorikan sangat profesional, Hasil penelitian berdasarkan subvariabel: Kompetensi profesional guru BK dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok terkait dengan: 1) Menguasai konsep dan praksis penilaian untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah peserta didik dikategorikan sangat profesional 2) Mengimplementasikan program bimbingan dan konseling yang komprehensif dikategorikan sangat profesional dan 3) Menilai proses dan hasil kegiatan bimbingan dan konseling dikategorikan sangat profesional. Berdasarkan hasil penelitian ini untuk guru BK agar dapat mempertahankan dan meningkatkan keprofesionalnya dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok. Temuan penelitian direkomendasikan kepada guru BK dan kepala sekolah yang menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok di SMA Negeri 1 Lubuk Basung.