Dukungan Orang Tua pada Peserta Didik yang Memiliki Hasil Belajar Rendah (Studi di Kelas VIII SMP N 3 Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan)

Main Author: Nori Eka, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5062/2/09060061%20NORI%20EKA%20PUTRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5062/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5062/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5062/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5062/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini fenomena oleh kondisi yang ditemui dilapangan bahwa dukungan orang tua pada peserta didik yang memiliki hasil belajar rendah di kelas VIII SMP N 3 Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan dilihat dari: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan emosional. :1. Dukungan orang tua dalam memenuhi kebutuhan fisik, 2. Dukungan orang tua dalam memberikan fasilitas, 3. Dukungan orang tua dalam mengembangkan hubungan sosio emosional. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik di kelas VIII yang berjumlah 185 peserta didik.Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel total sampling. Sampel dilihat dari hasil nilai rapor peserta didik di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga sampel menjadi 47 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket,sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian: 1. Dukungan orang tua dalam memenuhi kebutuhan fisik peserta didik yang memiliki hasil belajar rendah terkategori cukup mendukung. 2. Dukungan orang tua dalam melengkapi fasilitas belajar peserta didik yang memiliki hasil belajar rendah terkategori cukup mendukung. 3. Dukungan orang tua dalam mengembangkan hubungan sosio-emosional peserta didik yang memiliki hasil belajar rendah terkategori cukup mendukung.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dukungan orang tua pada peserta didik yang memiliki hasil belajar rendah berada pada kriteria cukup mendukung, untuk itu dukungan orang tua lebih ditingkatkan lagi agar menjadi lebih baik. Temuan penelitian ini merekomendasikan kepada orang tua untuk memperhatikan fasilitas belajar anak, untuk meningkatkan prestasi dan juga diharapkan pengawasan dari orang tua agar prestasi belajar peserta didik lebih baik lagi.