Peran Guru BK dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 13 Padang
Main Author: | Novia, Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5061/4/09060028%20NOVIA%20YANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5061/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5061/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5061/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5061/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang tidak berminat untuk belajar. Berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa adanya peserta didik yang menunjukkan sikap malas mengerjakan tugas dan keluar kelas saat jam pelajaran berlangsung, tidak mengikuti proses belajar sampai jam pelajaran berakhir, berbicara dengan teman sebangku saat guru menerangkan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran guru BK dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SMA Negeri 13 Padang terkait dengan keterampilan belajar dan mengoptimalkan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X dan kelas XI yang berjumlah 1)Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel ini adalah purposive sampling yaitu teknik sampling yang digunakan jika peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan yang berjumlah 82 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan program Microsoft excel 2007. Hasil penelitian yang peneliti lakukan mendeskripsika hasil bahwa: 1) peran guru BK dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terkait dengan keterampilan belajar berada pada kategori cukup baik. 2) peran guru BK dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terkait dengan mengoptimalkan prestasi belajar berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan pada guru BK agar membimbing peserta didik mengenal prasyarat penguasaan materi pelajaran yang harus dikuasai, membimbing peserta didik untuk memiliki keterampilan belajar, membimbing kegiatan kelompok belajar peserta didik, membimbing peserta didik agar mengoptimalkan hasil ujian dengan dengan berkorelasi dengan guru mata pelajaran.