Pengaruh Motivasi, Cara Belajar dan Penggunaan media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP N 4 Koto XI Tarusan
Main Author: | Bebi, Martika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5058/3/11090318%20BEBY%20MARTIKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5058/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5058/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5058/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5058/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh motivasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan, pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan, pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan, pengaruh motivasi, cara belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan yang berjumlah sebanyak 139 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 103 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi linear berganda sebesar 0,911. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,152 > ttabel sebesar 1,98. Artinya apabila motivasi meningkat sebesar 1 satuan, maka hasil belajar akan menigkat sebesar 4,152 dalam setiap satuannya. Kedua cara belajaberpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi linear berganda sebesar 1,020. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,538 > ttabel 1,98. Artinya, apabila cara belajar meningkat sebesar 1 satuan, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 4,538 dalam setiap satuannya. Ketiga penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi linear berganda sebesar 1,646. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 8,668 > ttabel sebesar 1,98. Artinya, apabila penggunaan media pembelajaran meningkat sebesar 1 satuan, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 8,668 dalam setiap satuannya. Keempat motivasi, cara belajar dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 90,219 > Ftabel 2,70 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi, cara belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 4 Koto XI Tarusan cukup. Saran saya kepada guru lebih meningkatkan Penggunaan media pembelajaran selama proses pembelajaran, dengan indikator mengelompokkan sasaran lebih baik lagi, karena semakin baiknya penggunaan media pembelajaran yang dipakai dan mengelompokkan sasaran oleh guru akan membuat hasil belajar siswa semakin meningkat.