Pengaruh Lingkungan Sekolah, Metode Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA N 5 Solok Selatan Kab. Solok Selatan
Main Author: | Lisa, Anggraini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5053/2/11090285%20LISA%20ANGGRAINI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5053/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5053/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5053/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5053/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 5 Solok Selatan, 2) Pengaruh metode mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 5 Solok Selatan, 3) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 5 Solok Selatan, 4) Pengaruh metode mengajar guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 5 Solok Selatan, dan 5) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI SMA N 5 Solok Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif-kausal. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan November 2015. Populasi penelitian ini berjumlah sebanyak 82 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 82 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analisys dengan bantuan program SPSS Versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 5 Solok Selatan Kab Solok Selatan. Dimana nilai koefisien sebesar 0,375 dengan nilai thitung 5,437 > ttabel sebesar 1,99045 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kedua metode mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 5 Solok Selatan Kab Solok Selatan. Dimana diperoleh nilai koefisien sebesar 0,386 dengan nilai thitung sebesar 6,729 > ttabel sebesar 1,99045 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Ketiga Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 5 Solok Selatan Kab Solok Selatan. Dimana diperoleh nilai koefisien sebesar 0,392 dengan nilai thitung sebesar 4,464 > ttabel sebesar 1,99045 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak Keempat Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 5 Solok Selatan Kab Solok Selatan. Dimana di peroleh nilai koefisien sebesar 0,411 dengan nilai thitung sebesar 5,470 > ttabel sebesar 1,99045 dengan nilai signifikan 0,003 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kelima Metode mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi siswa kelas XI SMA N 5 Solok Selatan Kab Solok Selatan. Dimana diperoleh nilai koefisien sebesar 0,350 dengan nilai thitung sebesar 5,645 > ttabel sebesar 1,99045 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti jika metode mengajar guru meningkat sebesar satuan maka motivasi siswa akan meningkat sebesar 0,350 dalam setiap satuannya.